Bicara Menstruasi Chapter 1: Apa itu Menstruasi?

menstruasi

Bicara Menstruasi

Menstruasi, kendati merupakan hal yang normal masih jarang dibicarakan secara terbuka dan dianggap tabu. Hal ini berbahaya karena akan banyak menimbulkan kesalah pahaman. “Bicara Menstruasi” adalah seri artikel yang membahas menstruasi dari berbagai sisi dan kali ini kita akan membicarakan mengenai apa itu menstruasi.

Arti Menstruasi

Menstruasi atau yang lazim disebut haid adalah keluarnya darah dan tissue dari rahim (uterus) melalui vagina. Tergantung dari siklus tiap wanita, menstruasi umumnya terjadi setiap empat minggu sekali. Secara singkat, menstruasi menandakan bahwa kamu tidak sedang hamil.

(Credit: Teen Vogue)

Saat wanita sudah memasuki masa pubertas, selama kira-kira setiap empat minggu salah satu dari indung telur (ovarium) akan melepaskan sel telur yang siap dibuahi dengan bantuan hormon. Proses ini dinamakan ovulasi. Selama masa ovulasi, sel telur akan berpindah melalui tuba fallopi (fallopian tubes) ke rahim (uterus) selama tiga atau empat hari.

Dalam rentang waktu tersebut, rahim sudah mempersiapkan kedatangan sel telur dengan membentuk semacam lapisan di dinding rahim. Apabila sel telur dibuahi atau bertemu dengan sel sperma maka sel tersebut akan menempel di lapisan dinding rahim dan berkembang menjadi embrio atau yang lebih kita kenal dengan proses kehamilan. Namun, apabila sel telur tidak dibuahi, lapisan tersebut akan luntur/meluruh pada dua minggu setelah ovulasi. Akibatnya, darah dan material lapisan (tissue) di dinding rahim akan dilepaskan dari rahim menuju dinding rahim, hingga akhirnya keluar lewat vagina.

(Credit: TeachMeAnatomy)

Di usia berapa menstruasi terjadi?

Menstruasi dimulai ketika wanita mengalami pubertas. Awal mula menstruasi bisa datang lebih awal atau lebih lambat dan berbeda pada tiap wanita, tetapi pada umumnya menstruasi terjadi setelah payudara berkembang dan sudah dialami oleh wanita di umur 16-17. Apabila di rentang usia tersebut kamu masih belum mengalami menstruasi, ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter ya. Usia awal menstruasi kamu biasanya cenderung mirip dengan usia awal menstruasi ibumu atau kakakmu. Menstruasi akan terus berlangsung sampai kamu mengalami masa menopause di usia 40-50an.

Berapa lama menstruasi berlangsung?

Satu siklus menstruasi bervariasi di tiap wanita dan umumnya berlangsung selama 3-7 hari. Meski demikian, siklus menstruasi dianggap tidak normal apabila berlangsung lebih dari 10 hari. Di awal menstruasi, darah dan tissue akan banyak dikeluarkan oleh tubuh, kemudian berangsur-angsur menjadi lebih sedikit hingga akhirnya berhenti. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi lamanya menstruasi seperti stres, diet, dan penggunaan alat kontrasepsi.

Seberapa deras menstruasi terjadi?

Tingkat perdarahan selama menstruasi berbeda pada tiap wanita. Pada umumnya wanita yang baru memulai menstruasi cenderung mengalami menstruasi yang lebih deras dibandingkan dengan wanita dewasa. Selama masa menstruasi, sekitar 65 ml darah dan material dinding rahim akan dilepaskan oleh tubuh dimana duapertiganya terjadi pada hari-hari pertama. Faktor-faktor khusus seperti stres, traveling dan alat kontrasepsi (khusunya kontrasepsi hormonal) dapat mempengaruhi deras tidaknya menstruasi pada banyak wanita.

Pro Tip: Gunakan tampon, cawan menstruasi atau pembalut berdaya serap tinggi di hari-hari pertama dan di malam hari saat menstruasi.

Siklus menstruasi

Durasi siklus menstruasi berbeda-beda pada tiap wanita. Lamanya siklus menstruasi rata-rata adalah 28 hari, tetapi dapat berlangsung antara 24 dan 34 hari.

Cara umum untuk memperkirakan kapan menstruasi kamu akan berlangsung di siklus berikutnya adalah dengan menghitung 28 hari setelah hari pertama menstruasi kamu, tetapi menstruasi berikutnya juga dapat berlangsung pada rentang 25 atau 31 hari setelah hari pertama menstruasi.

Contoh:

Menstruasi siklus pertama kamu dimulai pada tanggal 1 January 2018. Menstruasi siklus berikutnya kemungkinan terjadi pada tanggal 29 January 2018 (1 January + 28 hari), tetapi apabila menstruasi berikutnya datang pada 26 January 2018 atau 1 February 2019 itu masih juga dikategorikan normal.

Pro tip: Gunakan aplikasi tracker menstruasi di handphone kamu seperti Clue dan P Tracker untuk memprediksi siklus menstruasi kamu.

Menstruasi bisa jadi menyeramkan apabila kamu tidak mempunyai informasi yang memadai. Jangan sungkan untuk membicarakan menstruasi dengan teman-teman, kakak perempuan atau ibumu ya karena hal ini sangat wajar. Apabila kamu ada pertanyaan atau tanggapan mengenai menstruasi, silakan tulis di box comment di bawah ini ya!

Febriana
febrianaisnaini24@gmail.com
No Comments

Post A Comment