Kebijakan Privasi

PT. Liberti Perdagangan dan Konsultasi

Kami, PT Liberti Perdagangan & Konsultasi (“Liberti”, “kita” atau “kami”), menggunakan dan memproses informasi pribadi yang dikumpulkan dari atau diberikan konsumen-konsumen kami, rekan bisnis dan seluruh pihak yang berhubungan dengan kami (secara bersama-sama disebut, “Pelanggan”) untuk berbagai tujuan, termasuk untuk pengembangan dan promosi produk dan layanan yang lebih baik untuk kepuasan Pelanggan. Istilah “informasi pribadi” diartikan sebagai setiap data yang dapat digunakan baik secara langsung atau tidak langsung yang dapat mengidentifikasi seseorang termasuk nama, alamat e-mail, alamat surat, tanggal lahir, nomor telepon, nomor kartu identitas dan informasi lain yang dapat mengidentifikasi Pelanggan. Istilah “menggunakan” dan “memproses” antara lain berarti mengumpulkan, mencatat, menguasai, menyimpan, dan sebagainya. Liberti menyadari bahwa mengelola dan melindungi informasi pribadi secara benar merupakan suatu tanggung jawab yang penting, dan perlu untuk menjaga kepercayaan Pelanggan yang telah menyampaikan informasi pribadi kepada kami. Untuk memenuhi tanggung jawab ini, Liberti mematuhi seluruh hukum dan peraturan data pribadi (“Hukum Perlindungan Informasi Pribadi”), dan bekerja untuk mengelola dan melindungi informasi pribadi secara benar berdasarkan Kebijakan ini.

1. Penggunaan Informasi Pribadi

Liberti akan menggunakan informasi pribadi Pelanggan hanya untuk tujuan yang disampaikan kepada Pelanggan pada saat informasi dikumpulkan dan untuk tujuan sebagaimana disebutkan dalam Kebijakan ini (“Ruang Lingkup Penggunaan”), dan tidak akan menggunakan informasi untuk tujuan lainnya kecuali telah mendapatkan persetujuan sebelumnya dari Pelanggan atau diijinkan dan dipersyaratkan oleh hukum.

Merujuk kepada ketentuan hukum yang terkait, Liberti dapat menggunakan informasi pribadi Pelanggan untuk tujuan sebagai berikut:

(a) pengembangan dan promosi produk dan layanan yang lebih baik untuk memuaskan Pelanggan;

(b) memungkinkan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku, termasuk hukum anti pencucian uang dan peraturan-peraturan;

(c) memungkinkan untuk melaksanakan kewajiban kontraktual;

(d) memberikan informasi produk dan layanan Liberti kepada Pelanggan;

(e) memelihara dan memperbaharui dokumen Pelanggan; dan

(f) untuk setiap tujuan lain yang bersifat insidentil atau tambahan atau untuk memajukan tujuan-tujuan di atas.

Informasi pribadi Pelanggan dapat ditransfer ke luar wilayah Indonesia.

Informasi pribadi Pelanggan dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk informasi yang diberikan oleh Pelanggan atau seseorang yang bertindak atas nama Pelanggan, informasi dari pihak ketiga atau informasi di domain publik.

Pelanggan wajib untuk memberikan informasi pribadi sebagaimana yang dibutuhkan untuk diproses oleh atau atas nama Liberti sebagaimana disebutkan di atas. Apabila Pelanggan tidak setuju untuk memberikan informasi pribadi kepada Liberti berdasarkan Kebijakan ini, Liberti tidak akan dapat tunduk pada setiap kewajiban kontraktual kepada Pelanggan dan sebagai tambahan, Liberti tidak dapat secara efektif memberikan layanannya kepada Pelanggan.

2. Pengelolaan dan Perlindungan yang Tepat atas Informasi Pribadi

Liberti telah mengimplementasikan tindakan-tindakan berikut ini untuk mengelola secara tepat dan melindungi informasi pribadi Pelanggan:

  • Membentuk ketentuan internal perusahaan berdasarkan hukum Perlindungan Informasi Pribadi dan pedoman-pedoman yang dikeluarkan oleh otoritas yang berwenang berkaitan dengan penanganan informasi pribadi.
  • Memberikan Pendidikan kepada karyawan dan pihak lain yang terkait untuk memastikan bahwa mereka telah memahami pentingnya perlindungan informasi pribadi dan sangat mengenal seluruh ketentuan peraturan dan pedoman.
  • Membentuk register pengelolaan informasi pribadi dan penegakan pembatasan yang sesuai atas akses ke informasi pribadi; dan
  • Implementasi atas tindakan pengamanan yang sesuai dan sewajarnya untuk melindungi akses dari pihak yang tidak berhak, atau kebocoran, kehancuran atau perubahan atas informasi pribadi.

3. Ketentuan dan Membuka kepada Pihak Ketiga

Liberti tidak akan memberikan atau membuka informasi pribadi Pelanggan kepada pihak ketiga kecuali untuk kasus-kasus berikut ini:

  • Telah mendapatkan persetujuan sebelumnya dari Pelanggan yang informasi pribadinya akan dibuka.
  • Membuka informasi dipersyaratkan atau diijinkan oleh hukum atau berdasarkan perintah pengadilan
  • Informasi diberikan atau dibuka kepada penyedia jasa (termasuk pimpinannya, karyawan dan agen-agen) harus sesuai dengan Ruang Lingkup Penggunaan (mohon lihat Pasal 4 di bawah);
  • Dalam hal penggunaan bersama diantara para afiliasi; dan
  • Informasi personal yang diberikan berkaitan dengan suksesi bisnis karena merger, spin off atau lainnya.

Selain hal-hal tersebut di atas dan tunduk kepada hukum yang terkait, Liberti dapat membuka informasi pribadi Pelanggan kepada:

  • Anak-anak perusahaan, perusahaan induk, perusahaan terkait dari Liberti berdasarkan Hukum Perseroan Terbatas, baik yang ada saat ini atau dimasa yang akan datang;
  • Pemerintah Indonesia atau otoritas peraturan atau pemerintah asing atau otoritas peraturan yang terkait;
  • Bank Indonesia dan otoritas lainnya sebagaimana dipersyaratkan dari waktu ke waktu; dan / atau
  • Pihak manapun yang menurut Liberti sesuai.

Meskipun orang-orang berada di luar Indonesia, untuk setiap tujuan di atas atau tujuan lainnya informasi pribadi Pelanggan yang dikumpulkan tetap terjaga.

4. Pengawasan Penyedia Layanan

Liberti sesekali mengirimkan penanganan informasi pribadi kepada penyedia layanan luar. Hanya penyedia layanan yang telah dikonfirmasi memiliki kapabilitas penanganan informasi pribadi yang sesuai yang akan dipilih. Lebih jauh Liberti memberikan dan membuka informasi pribadi Pelanggan kepada penyedia layanan secara ketat mematuhi Ruang Lingkup Penggunaan, dan mensyaratkan mereka, dengan kontrak tertulis atau yang memiliki arti sejenis, dalam menangani informasi pribadi secara tepat dan secara periodik melakukan verifikasi kepatuhan mereka.

5. Tanggapan atas Konfirmasi, Revisi dan Permintaan Lainnya Berkaitan dengan Informasi Pribadi

Ketika Pelanggan meminta konfirmasi, revisi (koreksi, penambahan atau penghapusan), penghentian penggunaan atau penghapusan data pribadi dirinya, Liberti akan melakukan verifikasi identitas Pelanggan, mematuhi permintaan, kecuali ada dasar yang masuk akal untuk menolak.

Pelanggan dapat menghubungi kami secara tertulis di alamat berikut ini:

Layanan Konsumen

PT LIBERTI PERDAGANGAN & KONSULTASI

Conclave Simatupang

Cilandak Estate, RT.001/RW.5, Cilandak Tim., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560.

Indonesia

Ph. 089673456797

E-Mail: admin@yourliberty.id

Pelanggan dapat menarik persetujuan mereka kepada kami untuk mengumpulkan informasi pribadi kapan pun sesuai keterangan di atas. Dalam hal penarikan sesuai, Liberti Indonesia tidak dapat tunduk kepada setiap kewajiban kontraktual kepada Pelanggan dan sebagai tambahan, Liberti tidak dapat secara efektif memberikan layanannya kepada Pelanggan-pelanggan.

6. Tanggapan atas Komentar dan Keluhan Berkaitan dengan Penanganan Informasi Pribadi

Kami akan melakukan segala upaya untuk menangani setiap komentar atau keluhan berkaitan dengan penggunaan informasi pribadi Pelanggan secara cepat dan benar.

Pelanggan dapat menghubungi kami secara tertulis pada uraian kontak sebagaimana disebutkan dalam Pasal 5 di atas.

7. Cookies

Liberti menggunakan cookies di halaman webnya untuk mengembangkan website tersebut, termasuk meningkatkan informasi dan layanan yang diberikan dan membuat website agar lebih mudah untuk digunakan, dan, di beberapa halaman web, untuk mengautentifikasi anggota ketika memasuki web, menyesuaikan isi layanan atau distribusi iklan berdasarkan sejarah penjelajahan dunia maya. Cookies adalah file elektronik yang ditransmisikan dari halaman web tertentu ke halaman web dimana penjelajah dunia maya melihat halaman tersebut, dimana dapat diambil suatu saat oleh pengguna komputer yang berbeda.

Pelanggan dapat menonaktifkan atau menghapus cookies pada penyetelan penjelajahan mereka. Bagaimanapun hal ini merupakan layanan, termasuk persyaratan layanan ketika akan masuk ke web.

8. Persetujuan

Dengan memberikan informasi pribadi kepada kami, Pelanggan dengan ini menyetujui untuk memproses informasi pribadi mereka berdasarkan Kebijakan ini.

Pelanggan lebih lanjut memberikan konfirmasi bahwa mereka telah mendapatkan persetujuan dari orang yang informasinya diberikan kepada kami oleh Pelanggan atau diidentifikasi dari informasi pribadi Pelanggan dimana kemungkinan diproses oleh kami untuk tujuan sebagaimana disebutkan di atas termasuk membuka kepada pihak-pihak yang disebutkan dalam Kebijakan ini.

9. Tinjauan dan Perbaikan Penanganan Informasi Pribadi

Kebijakan ini dapat direvisi dari waktu ke waktu apabila diperlukan untuk merefleksikan kelanjutan perbaikan perlindungan informasi pribadi dan memperhatikan setiap perubahan Hukum Perlindungan Informasi Pribadi. Dengan demikian, Kebijakan ini dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya. Setiap perubahan Kebijakan ini akan dimuat dalam website kami dan Pelanggan akan dianggap menerima setiap perubahan kecuali Pelanggan menghubungi kami secara tertulis (rincian kontak sebagaimana disebutkan dalam Pasal 5 di atas). Pelanggan dianjurkan untuk mengunjungi website kami sesekali untuk memastikan mereka mengetahui kebijakan kami yang terakhir berkaitan dengan perlindungan informasi pribadi.